Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Sikap
Bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan mampu menunjukkan sikap religious | |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika | |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila | |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa | |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain | |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan Lingkungan | |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | |
Menginternalisasi nilai, norma dan etika Akademik | |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Pengetahuan
Memiliki penguasaan konsep teoritis, inovatif dan skill dalam keilmuan Lingkungan | |
Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan Lingkungan berkelanjutan dalam keterkaitannya dengan disiplin ilmu lain | |
Memiliki penguasaan teoritis dan isu terkini dalam hubungannya dengan ilmu-ilmu lain dalam pengelolaan Lingkungan berkelanjutan | |
Memiliki kemampuan memahami peserta didik dan prinsip-prinsip dasar ilmu Lingkungan | |
Mampu mengembangkan dan menemukan konsep konsep Lingkungan melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji, meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sesuai dengan permasalahan Lingkungan | |
Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang | |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni | |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | |
Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya. | |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya | |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | |
Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional |
Capaian Pembelajaran Lulusan Aspek Keterampilan Khusus
Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan Lingkungan dan menghasilkan kebaruan konsep untuk mendukung pengembangan teori | |
Mampu mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis, dan menemukan sumber masalah degradasi Lingkungan melalui proses penyelidikan, analisis, dan interpretasi | |
Mampu memecahkan permasalahan Lingkungan melalui pendekatan eksperimental dan/atau deduksi teoritis yang dicirikan dengan orisinalitas karya | |
Mampu mengelola dan mengembangkan riset dan pengembangan ilmu Lingkungan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia | |
Mampu berperan sebagai fasilitator dan mediator dalam penyelesaian berbagai isu eksisting dalam pengelolaan Lingkungan dan sumberdaya alam. |